5 Tips Naik Kereta Api Agar Perjalanan Nyaman Menyenangkan

Saat hendak melakukan perjalanan jauh, biasanya ada beberapa jenis transportasi yang bisa kita pilih, mulai dari pesawat, mobil, bis hingga kareta api. Sebagian orang ada yang memilih untuk naik kereta api karena beberapa alasan, misalnya karena harga tiket kereta api  yang lebih murah dibandingkan dengan tiket pesawat, meski mungkin perjalanan akan memakan waktu lebih lama. Untuk tujuan luar kota yang cukup jauh, menggunakan transportasi kereta api memang terkadang menghabiskan waktu berjam-jam. Oleh karena itu, penting untuk membuat perjalanan tetap aman dan nyaman selama dalam kereta api.

Berdasarkan pengalaman, ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk membuat perjalanan menggunakan kereta apai agar tetap nyaman, ini dia diantaranya:

1.      Bawa Barang Secukupnya

Sebisa mungkin bawa barang yang memang diperlukan selama dalam perjalanan. Jika dirasa kurang penting atau tidak terlalu dibutuhkan, sebaiknya tinggal saja daripada harus memberatkan barang bawaan nantinya. Terlalu banyak membawa barang hanya akan membuat susah, tidak hanya sulit menjaganya saja, melainkan juga membawa dan meletakkannya pada saat di dalam kereta api nanti. Jika perjalanan hanya memakan waktu beberapa hari, cukup bawa barang keperluan yang memang pasti digunakan misalnya baju, alat komunikasi, uang dan lainnya.

2.      Pilih Posisi Duduk Yang Tepat

Jika saat memesan tiket kereta api, masih tersedia pilihan posisi duduk yang beragam, sebaiknya pilih tempat duduk yang dekat dengan jendela. Ini memungkinkan penumpang dapat melihat pemandangan luar secara lebih jelas serta memudahkan angin masuk sehingga bagi yang suka merasa gerah, bisa dicegah dengan memilih tempat duduk dekat jendela. Jika hawa dalam kereta api terasa gerah, tinggal buka saja jendelanya.

3.      Gunakan Pakaian Yang Sesuai Kondisi

Tips lainnya yang perlu diperhatikan dan bisa diterapkan agar selama dalam perjalanan menggunakan kereta api tetap bisa merasa nyaman adalah dengan memilih jenis pakaian yang tepat. Gunakan pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca. Jika saat melakukan perjalanan, cuaca sedang dingin, gunakan pakaian tebal seperti mantel, sweater atau jaket. Namun, jika kondisi di luar sedang panas, gunakan pakaian yang tipis dan mudah menyerap keringat seperti misalnya baju kaos.

4.      Bawa Media Hiburan

Di dalam kereta api, sangat minim media hiburan. Paling hanya bisa menikmati pemandangan sepanjang jalan yang dilalui sebagai pengusir rasa bosan. Untuk menghilangkan jenuh selama dalam perjalanan menggunakan kereta api, bawa serta beberapa media hiburan yang bisa digunakan misalnya MP4 atau jika suka membaca, bisa membawa serta buku. Biasanya, mereka yang melakukan perjalanan seorang diri, sangat rentan terserang rasa bosan, terlebih jika tidak ada yang bisa diajak ngobrol selama dalam perjalanan.

5.      Bekal Makanan Dan Cemilan

Tidak seperti halnya transportasi bis yang bisa berhenti sewaktu-waktu, kereta api hanya akan berhenti ketika telah sampai di stasiun. Jadi, sudah dapat dipastikan susah jika ingin berbelanja dalam kereta api. Untuk mengatasi rasa lapar yang mungkin menyerang, bawa serta bekal saat hendak melakukan perjalanan menggunakan kereta api tujuan jarak jauh. Pilih jenis makanan yang tahan lama, mudah dibawa dan mengenyangkan, misalnya roti, sereal, mie instan serta tidak ketinggalan air mineral.

Itu tadi 5 tips agar tetap bisa merasa nyaman dan aman ketika sedang melakukan perjalanan dengan kereta api. Untuk melakukan pemesanan tiket kereta api yang mudah, cepat dan  murah, kamu bisa membelinya di Blibli.com.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*