6 Tips Supaya Hasil Print Kain Jadi Bagus Dan Menarik

Pada sebagian orang, ada yang ingin membuat desain sendiri pada baju atau pakaian. Alasannya bisa bermacam-macam, seperti untuk dijual dan memberi kesan eksklusif, untuk identitas sebuah kelompok atau hanya sekedar untuk koleksi pribadi. Apapun alasannya, sebaiknya jangan lupa untuk memperhatikan kualitas print kain . Untuk itu, selektiflah dalam memilih jasa atau penyedia jasa print kain agar tidak merasa kecewa. Apa saja hal-hal penting yang perlu diperhatikan saat ingin menggunakan jasa cetak, baik itu jasa print kain Jakarta  atau daerah lainnya. Berikut penjelasannya!

1.       Lakukan Penyesuaian Warna Cetak

Masalah yang sering terjadi saat proses cetak adalah akurasi warna yang kurang sesuai dengan apa yang ditampilkan pada LCD computer. Untuk menghindari hal ini, lakukan penyesuaian warna antara yang tertera pada LCD dengan hasil print dengan cara melakukan cetak sample. Dengan begitu, kita dapat mengetahui tingkat kesesuaian warna, apakah sama atau tidak.

2.       Pilih Jenis Kain Yang Tepat

Tidak semua jenis kain dapat menghasilkan kualitas print kain yang bagus. Untuk itu, pilih jenis kain yang cocok. Beberapa jenis kain terbaik yang dapat digunakan untuk mencetak desain adalah yang berbahan campuran polyester seperti satin, jersey, katun, kanvas dan drill. Print kain yang dilakukan pada jenis kain campuran polyester akan lebih awet, tidak mudah luntur atau terkelupas dan juga hasilnya lebih jelas.

3.       Gunakan Printer Khusus

Printer yang digunakan untuk print kain tentunya berbeda dengan printer yang dipakai untuk mencetak pada media lain. Pastikan bahwa jasa percetakkan yang dipilih menggunakan printer khusus seperti mesin digital textile agar kualitas cetakan bagus dan sesuai yang diinginkan.

4.       Pilih Tinta Khusus Dan Berkualitas

Tidak hanya printernya saja yang khusus, tintanya juga tidak boleh sembarangan. Perlu tinta printer textile khusus dan sesuai dengan jenis kain yang digunakan untuk print kain. Ada baiknya memilih tinta yang original serta dari jenis tinta tekstil karena dari segi hasil cetak lebih bagus, selain itu tingkat keamanan tinta tekstil lebih terjamin.

5.       Lakukan Sampling

Jika desain telah selesai dibuat, tata letak atau posisi desain juga sudah diketahui, lakukan sampling terlebih dahulu terhadap kualitas hasil cetak. Hal ini bermanfaat untuk mengetahui tingkat kesesuaian warna, ukuran dan posisi desain. Jika hasilnya sudah pas, maka bisa dilanjutkan pada proses cetak sebenarnya.

6.       Buat Desain Unik

Berkreasi terhadap desain untuk print kain juga bisa jadi cara efektif membuat tampilan jadi lebih menarik, bagus dan unik. Desain yang unik akan membuat nilai lebih terhadap produk cetak yang dihasilkan, kesan eksklusif bisa didapatkan pada produk seperti ini. Cara lainnya agar print kain untuk kebutuhan produk jualan agar terlihat berkelas dan wah, bisa dengan cara membuat produk yang limited edition, hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri pada produk serta mampu menaikkan minat orang untuk membeli.

Semoga dengan beberapa tips di atas tadi, bisa menjadikan produk fashion seperti baju, jadi lebih menarik, keren dan bagus. Pilihan untuk menggunakan penyedia jasa cetak memang di tangan anda sendiri, mau pakai jasa print kain Jakarta konvensional ataupun online, tidak masalah selama kualitasnya terjamin. Jangan tergiur dengan tawaran harga yang murah sebelum tahu bagaimana kualitasnya. Terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas. Salam!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*