Alat Sholat Wanita, Tips Dalam Memilih Mukena

Perlengkapan sholat merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki oleh semua orang muslim, tak terkecuali di sini para wanita. Mukena merupakan salah satu alat sholat wanita yang wajib digunakan pada saat melakukan ibadah sholat.

Dalam memilih mukena yang tepat, tentunya ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Anda jangan asal – asalan dan sembarangan dalam memilih mukena. Karena nantinya hal tersebut akan berpengaruh pada kenyamanan Anda ketika beribadah.

Mukena itu sendiri adalah perlengkapan ibadah yang dipakai oleh para wanita, dan wajib dimiliki agar nantinya mereka bisa menjalankan ibadah sesuai dengan ketentuan Islam, yaitu menutup seluruh alat tubuh kecuali di bagian wajah. 

Bagi Anda yang penasaran apa saja tips yang dapat dilakukan dalam memilih mukena yang tepat, maka di bawah ini kami rangkum mengenai beberapa tips yang perlu dilakukan, antara lain : 

Apa Saja Tips dalam Memilih Mukena yang Tepat ?

 

  • Sesuaikan Ukuran

Tips pertama ketika di sini Anda ingin memilih mukena yang nyaman saat dikenakan yaitu pilihlah ukuran yang tepat dengan Anda. Memilih ukuran mukena biasanya cenderung diabaikan oleh beberapa wanita muslim. Karena memang mayoritas dari mukena memiliki ukuran all size. 

Namun perlu untuk Anda ketahui, sekalipun ukurannya disini all size, ternyata mukena mempunyai ukurannya tersendiri. Mukena memang terkesan agak lebar, namun sebaiknya di sini Anda perlu merinci apakah ukuran tersebut memang telah sesuai dengan tubuh Anda.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menyesuaikan ukuran mukena yang tepat, agar nantinya tidak melebihi batas badan Anda. Pastikan juga bahwa ukuran dari mukena tersebut memang nyaman ketika dikenakan, terutama ketika Anda menjalankan ibadah shalat. 

Namun pastikan juga bagian tangan serta kaki Anda tertutup oleh kain. Karena bagaimanapun juga mukena haruslah menutup semua bagian tubuh kecuali muka.

  • Pilih Mukena dengan Bahan yang Nyaman

Tips berikutnya yang juga tak kalah penting ketika Anda ingin memilih mukena yang pas dan tepat yaitu bahan yang digunakan. Bahan dari mukena akan sangat berpengaruh pada kenyamanan Anda saat melakukan ibadah shalat. Karena itu pilihlah bahan yang benar – benar nyaman. 

Bahan yang dingin akan membuat ibadah Anda akan jauh lebih khusyuk, namun sebaliknya mukena yang memiliki bahan panas tentu akan membuat Anda merasa gerah. Sehingga hal tersebut akan menyebabkan ibadah kurang khusyuk.

Sementara untuk bahan yang sangat direkomendasikan bagi Anda saat memilih mukena yaitu bahan katun rayon, katun Paris dan jenis – jenis katun lainnya. Dengan menggunakan bahan tersebut mukena akan terasa adem saat dikenakan dalam jangka waktu yang cukup lama. 

Maka dari itu, hindari menggunakan bahan mukena yang terbuat dari kain spandek serta parasit, karena akan membuat tubuh Anda terasa gerah saat dipakai terlalu lama.

  • Pilih Mukena dengan Model yang Tepat

Nyatanya model mukena juga perlu untuk dijadikan bahan pertimbangan bagi Anda. Model akan berpengaruh pada kenyamanan. Sebagian besar mukena saat ini telah menggunakan model 2 potong dan terpisah. Model ini merupakan salah satu yang banyak dipilih oleh sebagian besar wanita muslim.

Selain itu, terdapat juga mukena dengan model terusan dan memiliki bentuk gamis. Dan untuk model yang satu ini umumnya akan dikenakan oleh wanita yang telah lanjut usia. Namun tak menutup kemungkinan juga beberapa wanita muda juga menyukai model tersebut. Terdapat juga model lain dari mukena, yaitu tidak memiliki penutup kepala, sehingga perlu menggunakan hijab.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *