Beragam Keuntungan Pakai DJP Daring

DJP online merupakan sebuah fasilitas dari Direktorat Jenderal Pajak dimana setiap Wajib Pajak dapat melakukan pembayaran SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan) pajak secara online menggunakan fitur e-Feeling dan e-Billing. Salah satu alasan mengapa Anda harus memberikan laporan SPT setiap tahunnya adalah sebagai bukti bahwa Anda adalah warga negara yang taat pada aturan pemerintah.

Dengan adanya DPJ online akan memberikan kemudahan bagi Anda untuk melakukan pembayaran pajak dengan tepat waktu. Aplikasi ini dapat diakses oleh semua Wajib Pajak dengan syarat memiliki NPWP dan EFIN. Untuk mendapatkan EFIN (Electronic Feeling Identification Number) ini Anda harus datang ke kantor pelayanan pajak terdekat. Setelah itulah, Anda baru mendapatkan kode EFIN untuk mengakses aplikasi online ini. Berikut ini beberapa keuntungan dari menggunakan aplikasi ini.

Cepat dan Mudah

Karena menggunakan sistem online, maka Anda hanya memerlukan laptop atau ponsel untuk mengakses aplikasi online pembayaran pajak. Cukup mengikuti setiap langkah yang ada di layar aplikasi dengan teliti, laporan pajak Anda akan terlampirkan secara otomatis.

Dengan begitu, Anda lebih menghemat waktu untuk membayar pajak karena tidak perlu mengantre layaknya pembayaran secara manual. Selain itu juga dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun asalkan laptop atau ponsel Anda terhubung dengan akses internet.

Lebih Detail

Setiap data yang harus dimasukkan kedalam formulir SPT akan diberikan fitur validasi. Artinya, Anda tidak perlu khawatir akan terjadinya kebocoran data pada pihak ketiga. Karena dengan proses validasi akan menjaga kerahasiaan dan keamanan data. Apabila data yang tertera tidak sesuai karena kurang lengkap atau yang lain, maka sistem aplikasi secara otomatis memberi peringatan untuk dilakukan pengisian data yang benar.

Lebih Tepat

Laporan pajak artinya Anda harus berhadapan dengan angka-angka yang jumlahnya tidak sedikit. Bagi Anda yang belum pernah melakukan pembayaran pajak sebelumnya, tentunya hal ini akan terasa sedikit membebani.

Nah, aplikasi online pembayaran pajak ini memiliki sistem default dimana setiap jumlah yang Anda input ke dalam formulir SPT akan dihitung secara otomatis dan akurat. Jadi, Anda tidak perlu khawatir salah perhitungan atau terdapat data yang terlewat belum di-input. Karena sistem aplikasi secara otomatis akan menghitung berapa nominal pajak yang harus Anda bayar.

Dengan semua kemudahan yang sudah dijelaskan di atas, penggunaan aplikasi DPJ online seperti BukuKas misalnya, tentu sangat membantu sekali di era modern seperti sekarang ini. Di mana perkembangan teknologi memang lebih memudahkan semua aktivitas manusia. Termasuk juga kemudahan dari aplikasi DPJ daring untuk pembukuan laporan keuangan Anda. Aplikasi ini sebagai bentuk pembaharuan dalam proses daftar pajak, lapor pajak dan proses pembayaran pajak dengan sistem online yang jauh lebih mudah dan tidak memakan waktu lama.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*