Cara Mengatasi Ruam Popok Tanpa Bantuan Obat

Masalah kulit pada bayi merupakan hal yang sering terjadi dan tidak bisa dihindari begitu saja. Hal ini karena sistem imunitas bayi yang masih lemah serta keadaan kulitnya yang masiih sensitive. Oleh karena itu biang keringat atau ruam sering muncul tanpa disadari. Nah, berikut ini beberapa cara mengatasi ruam popok yang bisa Anda lakukan di rumah.

Jaga Kulit Tetap Kering

Kulit yang lembab merupakan faktor utama penyebab ruam yang muncul pada pantat bayi karena popok. Ketika kulit lembap, maka bakteri dan jamur akan berkembang biak dengan mudah sehingga menyebabkan masalah kulit pada si kecil. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kulitnya tetap dalam keadaan kering.

Gunakan handuk kecil yang lembut untuk membersihkan area pantat bayi ketika mengganti popok. Anda pun tidak boleh menggosok bagian tersebut, melainkan menepuk-nepuk dengan pelan dan lembut.

Untuk sekali waktu, Anda bisa membebaskannya bermain tanpa popok untuk memaksimalkan ruang gerak dan sistem sirkulasi udara pada kulit si kecil. Anda bisa melakukan hal ini di pagi hari sembari membiarkan si kecil terkena sinar matahari pagi yang menjadi sumber utama vitamin D bagi kulit.

Hindari Penggunaan Tisu Beralkohol

Tisu basah merupakan produk yang wajib ada ketika Anda bepergian dengan si kecil. Selain bermanfaat untuk membersihkan noda makanan pada kulit si kecil, tisu basah juga bisa digunakan sebagai pengganti handuk basah untuk membasuh pantat si kecil ketika berganti popok.

Namun hal ini sebaiknya Anda hindari karena produk tisu beralkohol yang mengandung wewangian dapat menyebabkan ruam pada area pantat bayi akibat popok semakin parah. Selain karena kulitnya yang sensitive, tisu ini juga mengandung zat kimia yang bisa jadi tidak cocok dengan tubuh si kecil.

Pakai Popok Kain yang Lembut

Penggunaan popok sekali pakai yang terbilang praktis dan efisien memang menjadi perdebatan karena dapat memberikan dampak buruk pada bayi seperti munculnya bakteri dan jamur. Terlebih apabila popok tersebut dibiarkan lama terpakai dan tidak segera diganti.

Oleh karena itu popok kain merupakan solusi yang tepat sebagaiĀ  cara mengatasi ruam popok. Ketika Anda menggunakan popok kain, maka intensitas penggantiannya pun disesuaikan dengan masa buang air si kecil. Hal ini bagus untuk diterapkan karena dengan begitu popok si kecila akan tetap kering sepanjang hari. Sehingga meminimalisir pertumbuhan jamur dan bakteri.

Di samping itu, penggunaan popok kain yang lembut juga mencegah terjadinya gesekan yang sering terjadi karena popok plastic sekali pakai. Siekulasi udara di dalamnya pun menjadi lebih lancar karena pada umumnya popok kain dibuat lebih longgar untuk memudahkan si kecil bergerak.

Jika terasa merepotkan, Anda bisa memakaikan popok kain pada si kecil hanya pada saat di rumah saja. Kemudian popok sekali pakai digunakan ketika Anda akan mengajak si kecil keluar dann bermain di luar rumah.

Gunakan Detergen Khusus Bayi

Meski penggunaan popok kain merupakan cara yang efektif, namun hal tersebut masih bisa memunculkan ruam pada kulit si kecil apabila dicuci dengan sembarang detergen. Karenanya, Anda harus mencuci pakaian bayi dengan detergen khusus bayi yang lembut dan diformulasikan khusus untuk kulit bayi yang masih sensitive.

Dengan begitu pakaian dan baju bayi Anda akan terasa lembut dan bebas bakteri penyebab masalah kulit. Salah satu produk terbaik untuk melakukan tugas tersebut adalah Rnso Gentle. Produk terbaru dari Rinso ini mampu melembutkan baju si kecil dan menghilangkan noda dalam sekali waktu. Diformulasikan khusus untuk kulit bayi yang sensitif dan mudah terserang bakter.

Cara-cara mengatasi ruam popok di atas bisa dengan mudah Anda terapkan di rumah. Tidak masalah membutuhkan waktu perawatan yang lebih lama dan sedikit merepotkan asalkan kesehatan si kecil tetap terjaga.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*