Ini Dia Manfaat Bunga Kitolod yang Perlu Anda Ketahui

Satu lagi tanaman yang memiliki banyak manfaat, namun juga menyimpan banyak bahaya yang fatal. Tanaman tersebut adalah bunga kitolod, belum banyak mengetahui soal tanaman yang satu ini. Manfaat bunga kitolod cukup banyak sekali untuk kesehatan dan termasuk ke dalam tanaman obat.

Kandungan Bunga Kitolod

Tanaman yang memiliki tangkai bunga panjang, memiliki mahkota bunga yang berbentuk pisang dan berwarna putih bersih. Tanaman ini memiliki nama latin longiflora, sebagian orang juga mengenalnya dengan nama bintang lima atau kembang jangar. Anda mungkin bisa menemukannya di rawa, semak-semak atau bahkan pinggir jalan.

Pada bagian bunganya, terkandung alkaloid, flavonoid, saponin, dan tannin. Masing-masing kandungan tersebut memiliki peran dan khasiat yang berbeda. Sementara pada bagian daunnya juga memiliki kandungan yang sama seperti alkaloid, flavonoid dan saponin. Jadi, mulai dari daun hingga bunganya bisa dimanfaatkan semua.

Manfaat Bunga Kitolod

Setelah membahas soal kandungannya, sekarang kita bahas soal manfaat bunga kitolod untuk kesehatan. Terdapat beberapa manfaat, mulai untuk kesehatan mata, meredakan sakit gigi, menyembuhkan asma dan masih banyak lagi. Lebih jelasnya berikut ulasan tentang manfaat dari bunga kitolod ini.

1. Kesehatan Mata

Bagi Anda atau mungkin ada rekan ada yang mengalami masalah kesehatan dengan kesehatan penglihatan, bisa direkomendasikan untuk mengkonsumsi ramuan dari bunga yang satu ini. beberapa khasiatnya ini seperti mata silindris, rabun dekat, rabun jauh, katarak, nyeri dan perih pada mata serta iritasi.

Cara untuk menggunakannya juga sangat mudah, Anda hanya tinggal merendam bunga dengan air bersih selama beberapa menit. Kemudian, teteskan air dari ujung tangkai ke mata sebanyak dua sampai tiga tetes saja. Mudah sekali bukan, Anda bisa mencobanya sendiri di rumah.

2. Meredakan Sakit Gigi

Manfaat yang kedua adalah untuk meredakan sakit gigi. Pasti semua pernah mengalaminya bukan, pasti akan sangat terganggu saat mengalami sakit gigi. Jangan khawatir, sekarang sudah ada obat alaminya, yaitu dengan menggunakan bunga kitolod.

Caranya juga cukup mudah, Anda tinggal menumbuk halus lalu letakkan pada gigi yang sedang sakit. Tunggu beberapa saat dan jangan sampai tertelan. Setelah selesai langsung keluarkan lagi dan kemudian berkumur agar lebih bersih.

3. Asma dan Radang Tenggorokan

Khasiat selanjutnya adalah untuk menyembuhkan gejala asam dan juga radang tenggorokan. Untuk penggunaannya juga sangat mudah, Anda hanya tinggal mencari bunga kitolod kemudian bersihkan. Rebus air, dan masukkan dua sampai tiga lembar daun kitolod, tunggu beberapa saat lalu saring. Anda bisa minum hasil saringan tadi sebanyak dua kali sehari.

4. Antibiotik

Manfaatnya yang lain adalah sebagai antibiotik alami. Jadi, saat mengalami luka pada kulit, seperti lecet ataupun robek Anda bisa memberikan obat alami yang satu ini untuk menghindarkan dari bakteri yang bisa memperparah keadaan. Luka juga akan menjadi cepat kering dan cepat sembuh.

Cara penggunaannya juga sangat mudah, yaitu dengan menumbuk dan mengoleskannya pada bagian yang terluka dan juga pada sekitarnya. Mungkin rasanya akan sedikit perih, namun itu adalah hal yang wajar saat mengobati luka. Cara ini hanya dianjurkan untuk luka ringan, untuk luka berat mungkin lebih baik tidak.

Itulah tadi beberapa manfaat bunga kitolod, cukup banyak sekali bukan. Jadi, tanaman ini bisa menjadi rekomendasi untuk menjadi tanaman obat keluarga. Sehingga Anda tidak bingung lagi mencari saat dibutuhkan. Bunga ini juga masih memiliki banyak manfaat lainnya seperti membantu menyembuhkan kanker.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*