Jenis Olahraga di Kantor yang Ringan dan Mampu Hilangkan Lelah

Tubuh yang sehat dapat terwujud dengan gaya hidup sehat, termasuk berolahraga. Menjadi produktif dengan bekerja memang tidak salah, namun jangan sampai mengabaikan kondisi tubuh. Saat di kantor, Anda bisa tetap berolahraga untuk meningkatkan intensitas gerakan. Inilah olahraga di kantor yang ringan untuk hilangkan lelah di kantor.

  1. Peregangan Tangan

Salah satu olahraga ringan paling mudah saat berada di kantor adalah peregangan tangan. Rasa pegal akibat letih bekerja pasti sangat terasa di tangan. Oleh karena itu, lakukanlah kegiatan peregangan otot dengan cara meletakkan atas di atas pangkuan dengan menelungkupkan kedua telapak tangan. Lengan juga harus membentuk garis lurus dari siku ke siku.

Berikutnya, geser sedikit kedua tangan, tekuk jari-jari, dan kunci jari-jarinya. Tariklah sekuat mungkin, tetapi usahakan ikatan jari-jari tangan tidak lepas. Latihan isometrik ini mampu memperkuat otot bahu, bisep, dan dada secara sederhana, tanpa perlu meninggalkan meja kerja.

  1. Posisi Wall Angels

Posisi bekerja di atas meja tentu membuat bahu terlalu turun atau melengkung, sehingga membuat tubuh terasa pegal. Oleh karena itu, dibutuhkanlah peregangan dengan cara bersandar di dinding agar otot di area bahu rileks dan tidak menyebabkan kelelahan berlebih.

Caranya adalah dengan membuat jarak antara kedua kaki selebar 30 cm. Tempelkan kedua telapak tangan di dinding dalam posisi siku ditekuk dan posisi jari mengarah ke atas. Berikutnya, tariklah siku ke bawah dan ke atas menggunakan otot punggung. Lakukan gerakan ini secara berulang.

  1. Head Rolls & Turns

Metode berikutnya adalah olahraga dengan cara meletakkan telinga ke arah bahu, kemudian tahanlah selama 10 detik. Turunkanlah dagu ke arah dada sampai ke arah bahu kanan juga kiri, kemudian tahan selama 10 detik. Lakukanlah sampai beberapa kali dan berhati-hatilah agar tidak menarik leher terlalu ke belakang.

Menengoklah ke belakang melewati bahu kanan dan kiri. Tahan selama 10 detik. Terapkan gerakan berulang sampai beberapa kali. Gerakan ini dapat meregangkan otot leher dan bahu yang semula tegang karena bekerja di kantor dalam posisi duduk.

  1. Putar Badan

Olahraga ringan berikutnya adalah putar badan. Pertama-tama, duduklah dengan tegap, kemudian ambillah napas perlahan dan hembuskan. Sambil mengatur nafas, putarlah tubuh ke arah kananda sambil menggenggam sandaran kursi dengan tangan kanan. Tahanlah selama beberapa detik. Lakukan prosedur tersebut untuk putar badan ke arah kiri.

  1. Peregangan Punggung

Punggung adalah bagian tubuh yang menopang beban dan menjadi pusat rasa lelah. Jika dibiarkan saja, rasa lelah akan menumpuk dan stres. Peregangan otot dan tulang punggung bisa mengurangi lelah dan mencegah gangguan pergerakan tubuh.

Caranya adalah dengan duduk di pinggir kursi, lalu luruskan kedua kaki. Secara perlahan, turunkan badan sampai tangan menyentuh jari kaki, kemudian tahan selama 10-30 detik. Lakukan secara bergantian yaitu menyentuh jari kaki kiri lalu kanan ataupun sebaliknya.

  1. Peregangan Kaki

Duduklah bersantai dengan sandaran ke kursi, kemudian tarik salah satu kaki anda hingga menyentuh dada dan peluk kaki tersebut. Tahan posisi hingga sekitar 10-30 detik dan kembali ke posisi semula. Lakukan hal yang sama dengan sisi satunya.

  1. Jalan Kaki

Jalan kaki dalam beberapa langkah di kantor juga sangat membantu mengaktifkan gerakan kaki agar tidak terasa kaku atau pegal karena duduk berjam-jam. Ambillah beberapa waktu saat senggang atau saat istirahat untuk berjalan kaki dalam beberapa jarak dari meja kantor Anda. Memilih berjalan dibandingkan menaiki lift atau eskalator juga bisa dipilih jika jaraknya dekat.

Itulah berbagai cara olahraga ringan yang sangat mungkin diterapkan di kantor. Dengan demikian, kesehatan tubuh tetap terjaga karena otot tidak terlalu tegang dan sirkulasi darah lancar. Latihan ringan ini bisa dipelajari dan sangat bermanfaat jika dilakukan berkelanjutan setiap harinya. Mengonsumsi Le Minerale Mayora juga sangat membantu melancarkan sirkulasi darah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*