Komponen Penting Mobil Toyota yang Dicek sebelum Perjalanan

Toyota memiliki beragam macam produk mobil dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Ada mobil yang manual dan ada juga yang matic. Setiap tipe menawarkan kenyamanan yang berbeda-beda dan tentunya tidak akan mengecewakan. Apa pun tipe mobil yang dipilih perlu dilakukan perawatan. Salah satunya dengan mengecek komponen mobil sebelum bepergian.

  1. Mengecek Oli, Transmisi, dan Gardan

Sebelum melakukan perjalanan, Anda perlu melakukan pengecekan oli yang harus dipastikan berada dalam kondisi baik. Begitu juga dengan transmisi atau pun gardan. Anda perlu mengontrol komponen ini dengan baik karena memiliki manfaat untuk mengurangi gesekan antar komponen. Ini juga menjadi cara agar terhindar dari risiko yang tidak diinginkan.

  1. Kelistrikan dan Air Aki

Anda juga perlu melakukan pengecekan pada mobil Toyota di komponen kelistrikan dan air kaki. Periksalah kebocoran arus yang terjadi karena jika ada akan membuat aki mobil tidak dapat menyimpan listrik dengan waktu yang lama. Jika mobil kekeringan air aki, maka akan berisiko merusak komponen lain yang ada pada mobil.

  1. Filter yang Ada pada Mobil

Saat akan melakukan perjalanan Anda perlu mengecek bagian filter mobil. Pertama bagian fiter udara yang harus dibersihkan dengan tujuannya agar tarikan mesin terjaga. Ini juga akan membuat bahan bakar yang digunakan akan lebih hemat, ditambah lagi suara mesin yang tidak akan kasar.

Cek juga bagian filter oli yang perlu Anda lakukan penggantian secara berkala. Manfaatnya untuk menyaring kotoran pada oli mobil. Setelah itu lakukan juga pemeriksaan pada filter AC yang memiliki fungsi untuk menyaring kotoran pada oli mobil. Filter ini juga memiliki manfaat untuk menyaring udara kotor yang ada sebelum disalurkan ke dalam mobil.

  1. Tekanan Ban

Saat akan melakukan perjalanan ban merupakan bagian yang tidak boleh terlupakan untuk dicek. Penting sekali Anda memastikan tekanan angin pada ban agar tidak terjadi masalah seperti ban yang tiba-tiba pecah. Periksalah ke bengkel agar ukuran tekanan pada ban lebih stabil.

  1. Minyak Rem dan Kopling

Penting sekali untuk Anda memastikan keamanan mobil agar perjalanan yang ditempuh dapat berjalan aman dan nyaman. Komponen yang perlu dilakukan pengecekan juga ada pada minyak rem dan kopling mobil. Pastikan minyak rem tidak dalam kondisi kotor atau pun tidak stabil karena dapat menurunkan fungsi kerja rem.

Anda juga perlu melakukan pengecekan pada bagian kopling mobil. Jangan sampai terjadi kebocoran ini akan sangat berbahaya selama perjalanan nantinya. Lakukan pemeriksaan ke bengkel jika Anda tidak benar-benar memahaminya.

  1. Komponen Lampu

Lampu adalah komponen yang penting agar jalanan dapat terlihat dengan jelas, terlebih saat tidak adanya lampu jalan. Anda perlu memastikan komponen lampu pada mobil semua bagiannya dalam kondisi baik. Mulai dari lampu utama mobil sampai dengan lampu sein. Jangan membawa mobil untuk perjalanan jauh dengan kondisi lampu yang tidak baik.

Anda bisa mengeceknya satu per satu agar lebih pasti. Jika ada lampu yang sudah mulai redup, langsung saja melakukan penggantian karena jika tidak diganti akan ada kemungkinan lampu mati saat berada di perjalanan. Anda tentu tidak dapat memprediksi akan adanya bengkel atau tidak nantinya.

Apa pun jenis mobil Toyota yang Anda gunakan tetap saja membutuhkan ketelitian untuk mengecek setiap komponen yang ada. Lakukanlah servis secara rutin sebagai upaya perawatan agar mobil tidak mudah rusak. Jaga juga kebersihan mobil agar Anda merasa nyaman selama mengendarainya. Jika membutuhkan informasi terkait produk bisa mengunjungi toyota.astra.id.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*