Manfaat Lakukan Pengadaan Barang dengan Bantuan E-Procurement

Menurut kamu, sebesar manfaat yang bisa kamudapatkan dengan melakukan pengadaan barang dengan bantuan e-procurement? Jawabnya, sangat besar. Pengadaan kebutuhan kantor ini bila menggunakan sistem manual biasanya akan membutuhkan waktu yang lama karena prosesnya yang memang rumit. Namun, dengan e-procurement, bisa jadi lebih cepat!

  1. Mengurangi Biaya Operasional Pengadaan Barang

Salah satu manfaat yang bisa didapat dari mengadakan barang dan jasa untuk kantor menggunakan e-procurement adalah kamu bisa mengurangi biaya operasional dari pengadaan tersebut. Pengadaan dengan sistem daring melalui ini akan menghemat karena kamu tak perlu berkeliling untuk mencari vendor yang bisa menyediakan barang yang dibutuhkan.

Selain itu, kamu juga bisa menghemat waktu pencarian dan perbandingan produk yang dibutuhkan. Dengan begitu, tentunya kamu bisa meminimalisir pertambahan biaya atau pengeluaran ganda terkait dengan jumlah pembelian barang dan prosedur pengadaan barang yang masih manual. Hal ini jelas bisa membuat biaya operasional bisa ditekan.

  1. Pengeluaran untuk Pengadaan Barang Bisa Lebih Transparan

Mengadakan barang dan jasa untuk kantor dengan memanfaatkan e-procurement juga sangat bermanfaat untuk memantau berapa besar pengeluaran yang diperlukan. Sistem ini bisa memudahkan kamu dalam membuat dan mengalisis laporan keuangan terkait pengadaan tersebut.

Sebab, sistem akan secara otomatis mencatat proses pengadaan yang dilakukan dan kamu dapat memastikan bahwa prosedur dari pengadaan tersebut telah sesuai dengan kebijakan perusahaan. Kamu juga bisa mengecek kontrak pembelian, riwayat pembelian dan pengiriman dengan sistem e-procurement ini sehingga meminimalisir kecurangan.

  1. Pengadaan Barang Via E-Procurement Bisa Tingkatkan Kecepatan Transaksi

Keunggulan lain dari pengadaan dengan sistem ini adalah barang dan jasa yang didapat bisa lebih efisien dalam segala hal, salah satunya adalah masalah waktu. Kamu bisa meningkatkan kecepatan transaksi sebab sistem ini menyederhanakan proses pengadaan yang dilakukan.

Tak hanya itu saja, bila kamu butuh barang lagi dari vendor yang sama, kamu hanya perlu memesannya saja lagi. Kamu juga bisa berkomunikasi dengan vendor lebih mudah. Sederhananya, cara ini bisa menghilangkan aktivitas yang tak diperlukan dan kamu bisa terfokus pada tugas yang lebih penting lagi selain pada pengadaan keperluan kantor ini.

  1. Pengadaan Barang Sistem E-Procurement Bisa Tingkatan Produktivitas

Alasan lain kenapa mengadakan barang dengan sistem ini banyak dipilih perusahaan saat ini adalah karena bisa meningkatkan produktivitas perusahaannya. Semua yang bertugas dalam hal mengadakan barang dan jasa tak perlu lagi keluar untuk mengecek satu persatu tempat yang menjual kebutuhan kantor.

Mereka juga tak perlu lagi membandingkan satu persatu tempat yang menjual alat kebutuhan kantor tersebut karena mereka hanya cukup melihat katalog daring dan memilih barang yang dibutuhkan. Setelah itu, tinggal negoisasi bersama vendor dan kamu bisa mengerjakan pekerjaan lain yang jadi tugas kamu di perusahaan.

Banyaknya manfaat yang bisa didapat dengan sistem inilah yang jadi alasan kenapa banyak perusahaan memilih menggunakannya saat ini. Bila perusahaan kamu juga sudah mulai menggunakan sistem ini, cobalah berbelanja di MbizMarket. Mbizmarket Solusi Pengadaan Online No 1 di Indonesia dengan kualitas barang terbaik yang bisa kamu dapat!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*