Penyebab Kerutan Pada Area Mata

Permasalahan pada kulit wajah bukan hanya tentang jerawat tapi juga kulit pada area mata. Munculnya kerutan di sekitar mata adalah salah satu permasalahan yang dapat mengganggu penampilan Anda. Terlebih jika umur masih muda, namun kulit wajah terlihat menua. Seringkali, kulit pada area mata tidak terlalu diperhatikan sehingga luput dari perawatan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mencoba eye cream anti aging lokal.

Jika dibandingkan dengan kulit wajah pada area yang lain, kulit area mata sangat tipis. Ketebalannya hanya 0,5 mm atau sepertiga dari kulit wajah. Karena area ini sangat tipis dan halus, sehingga tanda penuaan lebih cepat terlihat. Pernahkah Anda memperhatikan kulit area mata terlihat lebih longgar? Hal ini disebabkan tidak terdapat lemak di bawah kulit tersebut. Berikut adalah faktor-faktor yang dapat menyebabkan munculnya kerutan pada area mata.

  1. Terlalu sering terpapar sinar matahari. Terlalu sering terpapar sinar matahari menyebabkan munculnya garis halus di sekitar mata dan juga bibir. Tidak hanya itu, sinar ultraviolet dapat merusak bagian retina di belakang mata dan efek jangka panjangnya adalah dapat menyebabkan katarak.
  2. Dehidrasi. Melalui liputan6, Nelly Devuyst menyatakan bahwa dehidrasi dapat menyebabkan Anda akan terlihat lebih tua dari pada usia asli Anda. Saat kondisi kulit kering atau kekurangan air, molekul-molekul yang terdapat pada kulit tidak lagi dapat menyerap air. Pada mulanya hanya garis-garis di sekitar mata. Lalu, perlahan akan terlihat di seluruh wajah.
  3. Merokok. Merokok tidak hanya buruk untuk kesehatan tubuh, terlebih jantung dan paru-paru, tetapi juga buruk untuk kesehatan kulit wajah. Hal ini dikarenakan nikotin yang terdapat pada rokok menyebabkan pembuluh darah menyempit di lapisan kulit. Selain itu, oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan akan terhambat sehingga kulit akan mengalami dehidrasi.
  4. Diet ketat. Tidak sedikit yang salah mengartikan pola diet yang benar. Diet yang ekstrem seperti mengurangi pola makan secara drastis menyebabkan kekurangan gizi yang diperlukan. Selain itu mineral penting, protein, dan vitamin yang diperlukan oleh kulit akan menghilang. Hal ini menyebabkan efek buruk pada kulit, yaitu penuan dini seperti munculnya keriput, kulit kendur, dan garis halus.
  5. Usia. Faktor usia memang tidak dapat dihindari. Pasalnya, semakin usia bertambah, elastisitas kulit akan berkurang karena produksi lemak dan kolagen yang semakin menurun. Memang tidak dapat dihindari, namun Anda dapat melakukan pencegahan munculnya menuaan dini pada kulit Anda. Mengaplikasikan pelembab pada wajah dan memakai krim khusus area mata adalah salah satu caranya. Selain itu, pola makan yang sehat juga dapat menjadi solusi.

Itulah faktor-faktor yang dapat menyebabkan kerutan pada area mata. Semoga dapat membantu Anda!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *