Sebelum Membeli, Perhatikan Manfaat dan Tips Memilih Kartu SD di Sini!

Kartu sd atau disebut dengan micro SD adalah kartu memori yang dikembangkan oleh SD Card Association yang banyak digunakan pada perangkat android. Bila kamu sedang mencari informasi tentang manfaat dan tips memilih kartu ini silahkan baca ulasanya sampai tuntas.

Dengan adanya smartphone kita bisa melakukan banyak aktivitas dengan mudah dan cepat. Smartphone adalah gadget yang memberi banyak manfaat bagi penggunanya. Namun smartphone memiliki keterbatasan terutama dalam hal penyimpanan data. Untuk mengatasi masalah ini maka diperkenalkanlah kartu SD.

Manfaat Kartu SD

 

Pemilik smartphone android biasanya melengkapi hp pintarnya dengan micro SD yang memiliki daya tampung besar dan kecepatan transfer data yang tinggi. Memiliki kartu SD berkualitas sangat diperlukan karena manfaatnya sebagai berikut

  • Berfungsi untuk menyimpan aplikasi, dengan kartu SD berkualitas kamu bisa menyimpan beberapa aplikasi tanpa mengganggu performa perangkat secara keseluruhan.
  • Bisa digunakan sebagai folder untuk kamera, gambar hasil jepretan kamera biasanya berukuran besar. Dengan menggunakan kartu SD kamu bisa membuat folder khusus untuk menyimpan foto.
  • Berfungsi untuk menyimpan data. Agar tidak mengalami banyak masalah, menyimpan data berupa video, game atau file berukuran besar lainnya, sebaiknya disimpan dengan kartu SD class 10.

Tips membeli kartu SD

sumber : liputan6.com

Banyak pemilik smartphone yang ingin melengkapi hp pintarnya dengan kartu SD. Namun harus diketahui bahwa tidak semua vendor android melengkapi smartphone nya dengan slot micro SD. Lalu apa saja yang harus kamu perhatikan sebelum membeli kartu SD? Berikut adalah poin-poinnya:

  1. Pastikan perangkat kamu mendukung kartu SD

Sebelum membeli kartu SD, pastikan smartphone kamu memiliki slot kartu SD. Buat apa mahal-mahal beli kartu SD bila tidak bisa digunakan. Perlu diketahui bahwa smartphone dengan kapasitas penyimpan yang besar, biasanya tidak memasang slot kartu.

  1. Mengetahui perbedaan kartu SD SDXC dengan SDHC

sumber : liputan6.com

Kartu SD SDXC atau Secure Digital High Capacity memiliki kapasitas penyimpanan hingga 32 GB. Nah, untuk yang satunya yaitu Kartu SDHC atau Secure Digital Extended Capacity mampu menyimpan data mulai 64 GB ke atas. Sebelum kamu membeli kartu SD, tentukan dulu kapasitas yang kamu inginkan. Untuk harga, kartu SD SDHC lebih mahal dari SDXC karena kapasitasnya yang lebih besar

  1. Sebelum dibeli perhatikan class kartunya

sumber : liputan6.com

Kartu SD dibagi dalam kelas-kelas seperti class 2,3,4 dan seterusnya. Kelas dalam kartu SD mengindikasikan tingkat kecepatan kartu saat mentransfer data. Kartu SD kelas 2 misalnya sanggup menulis dan membaca data pada kecepatan 2 Mbps. Kelas tertinggi kartu SD adalah kelas 10, dimana kartu tersebut bisa menulis dan membaca data pada kecepatan 10 Mbps.

  1. Dukungan kapasitas besar

sumber : grid.id

Setiap smartphone memiliki dukungan kapasitas yang berbeda pada slot micro sd nya. Jadi pastikan terlebih dahulu apakah smartphone kamu mendukung micro sd hingga 32 GB, 128 GB atau 1 TB. Namun biasanya kebanyakan smartphone saat ini mendukung micro sd berukuran 128 GB.

  1. Kartu SD UHS

sumber : Shopee.co.id

Mulai tahun 2009 ada kartu SD tertentu yang yang cocok atau kompatibel dengan UHS-4 dan UHS-1. Dengan UHS, secara teori kartu SD bisa digunakan dengan kecepatan hingga 312 Mbps. Sayangnya sampai detik ini belum ada jenis smartphone yang bisa mendukung penggunaan UHS.

Dengan memasang kartu SD, sebuah smartphone bisa menyimpan foto, aplikasi dan game yang lebih banyak. Itulah kenapa kartu SD begitu populer di masyarakat. Dengan menambah kartu SD, pemilik smartphone bisa menggunakan ponsel pintarnya dengan lebih leluasa.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*