Serba-Serbi Mengenai BPKB yang harus Anda ketahui

Setiap beli kendaraan baru, Anda akan mendapatkan kemudahan untuk mendapatkan dokumen kepemilikan kendaraan tersebut. STNK dan BPKB motor atau mobil baru akan diberikan dalam waktu tertentu setelah pembelian berlangsung. Tak hanya beli mobil baru saja, Anda yang hendak membeli kendaraan bekas harus memperhatikan kelengkapan dokumen. Pastikan Anda tahu cara cek keaslian BPKB kendaraan yang dijual, ya!

Pentingnya Beli Kendaraan yang Punya BPKB

Supaya Anda bisa memahami pentingnya beli kendaraan bekas dengan kelengkapan surat, sebaiknya Anda simak 5 hal tentang BPKB berikut :

1.     BPKB hanya dikeluarkan Satlantas Polri

BPKB merupakan buku kepemilikan kendaraan yang dikeluarkan oleh Satuan Lalu Lintas Polri, termasuk spesifikasi teknis dan pengadaan berada di bawah wewenang Kepolisian RI.

2.     Merupakan bukti kepemilikan resmi kendaraan

Anda adalah pemilik kendaraan yang sah dan legal, bukan jenis kendaraan curanmor yang tidak memiliki sertifikasi dari Polri ini.

3.     Wajib lapor jika kehilangan BPKB

Bila terjadi risiko yang tidak diinginkan terkait BPKP hilang atau rusak, maka Anda harus segera melapor ke pihak yang berwenang. Pengurusan BPKB yang hilang atau rusak sama seperti penerbitan BPKB baru yaitu melengkapi semua dokumen persyaratan yang dibutuhkan antara lain formulir permohonan, surat keterangan dari Kepolisian, cek fisik legalisir, kliping pengumuman BPKB hilang di media massa, Surat Keterangan dari Reskrim, dan pemblokiran BPKB lama yang telah hilang.

4.     Ketahui BPKB asli dan palsu

Jangan lupa untuk mengetahui cara cek keaslian BPKB mobil bekas yang hendak Anda beli, ya! Pasalnya, ada oknum nakal yang menerbitkan BPKB palsu untuk kendaraan hasil curanmor. Sampul BPKB asli terlihat lebih mengkilap, hologram di halaman depan sangat terlihat jelas dengan nomor seri di bawahnya, dan lambang Korlantas bisa terlihat saat mendapatkan sinar UV. BPKB palsu terlihat mirip selintas, tetapi cover lebih buram dengan hologram abal-abal.

5.     BPKB bisa digadaikan

Jika Anda membeli mobil bekas yang memiliki surat lengkap, maka Anda bisa mendapatkan kemudahan pengajuan pinjaman. Cek BPKB mobil bekas yang bisa digadaikan ke lembaga keuangan dengan nominal sesuai harga mobil Anda di pasaran, lho!

Beberapa hal penting terkait BPKB bisa menjadi tambahan wawasan untuk Anda yang berniat beli kendaraan bekas. Cara cek keaslian BPKB harus Anda utamakan agar terhindar dari risiko penipuan jual beli mobil hasil kriminalitas.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *