Tips Ampuh Kendalikan Emosi, Wajib Dicoba Bagi Kamu yang Mudah Marah!

Kemarahan dapat memengaruhi cara seseorang dalam mengambil keputusan. Dalam beberapa kasus, marah mungkin dapat membantu melampiaskan stres. Namun, mudah marah juga dapat menyebabkan masalah lain.

Apalagi, ketika seseorang yang mudah marah tidak mampu untuk mengendalikan emosi. Orang tersebut mungkin akan meledak dan dapat terlibat konflik dengan orang lain. Ada beberapa cara untuk menghindarkan diri dari sifat mudah marah yang dapat menimbulkan efek negatif di masa depan.

Untuk kamu yang mudah marah, ada delapan tips ampuh di bawah ini yang dapat membantumu untuk mengendalikan emosi. Berikut delapan tips tersebut, dilansir dari Medical Daily : Kamu dapat memulai berhitung dari seratus ke satu.

Berhitung membantu menjauhkan fokus dari penyebab kemarahanmu. Ketika kamu terus berhitung, detak jantungmu akan melambat. Amarahmu akan mereda.

Saat berhitung, kamu juga bisa menarik napas dalam dalam dari hidung. Buang napas keluar dari mulut selama beberapa. Lakukanlah hingga kamu merasa tenang.

Saat marah, orang mengatakan kata kata yang sebenarnya tidak ingin mereka katakan. Saat terlibat adu mulut atau argumen dengan orang lain, pikirkan dahulu sebelum kamu berbicara. Jangan biarkan emosimu mengeluarkan kata kata yang tidak pantas begitu saja.

Cobalah untuk tetap diam, pastikan pikiranmu jernih dan ucapkan ketika kamu sudah tenang. "Tenang," "santai," "Aku akan baik baik saja" dan "berpikir, berpikir dan berpikir". Itu adalah contoh "mantra" yang dapa tkamu ucapkan ketika sedang marah.

Temukan frasa atau kata sederhana yang menurutmu akan membantumu untuk tenang. Katakan berulang kali kepada diri sendiri ketika kamu kesal. Pergi ke ruangan yang tenang.

Cobalah untuk memikirkan sesuatu yang santai. Tutup mata dan fokuslah pada pemandangan imajiner, seperti warna gunung, kamarmu, atau suara air. Kamu dapat menenangkan saraf melalui latihan sederhana ini.

Keluarlah dari rumah atau kantor untuk berjalan jalan. Buat anggota tubuhmu aktif untuk meningkatkan aliran darah dan menjernihkan pikiranmu dari stres. Putar lagu yang menurutmu akan membantu menjernihkan pikiran atau mengalihkan perhatianmu.

Bernyanyilah dan menari. Namun, pastikan kamu tidak mendengarkan musik genres heavy metal karena jenis musik tersebut dapat memicu kemarahan. Bahkan ketika kamu marah, kamu masih bisa mengekspresikan perasaanmu.

Namun, lakukan dengan cara yang benar dan berikan respons yang tenang. Libatkan dirimu dalam dialog yang matang, yang dapat membantu mengurangi stres dan mencegah lebih banyak masalah yang muncul. Ketika dalam situasi yang penuh tekanan, selalu fokus pada apa yang benar ketika semuanya terasa salah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*