Tips Melakukan Perencanaan Keuangan Keluarga

Ketika Anda membangun sebuah keluarga baru, salah satu hal yang menjadi tantangan  di kemudian hari yaitu bagaimana cara dalam mengelola keuangan. Tentunya di sini akan berbeda saat Anda masih seorang lajang dan ketika Anda menikah. 

Hal itulah yang nantinya akan membuat banyak sekali pasangan merasa bingung saat harus mengatur keuangan ketika mereka baru saja melangsungkan pernikahan. Karena memang setelah menikah banyak hal yang tentunya akan berubah, baik itu pola pikir dan juga prioritas. 

Berikut ini akan diulas mengenai perencanaan keuangan keluarga, yang mana Anda perlu mengetahui tentang bagaimana cara mengelola keuangan untuk keluarga, antara lain yaitu :

Bagaimana Cara dalam Mengelola Keuangan untuk Keluarga ?

 

  • Menentukan Pola Rencana Keuangan

Ketika Anda belum menikah dan mempunyai pemasukan serta pengeluaran masing – masing, maka ketika Anda telah menikah tentunya pemasukan serta pengeluaran akan dilakukan secara bersama. Karena itulah di sini penting untuk mendiskusikan perencanaan keuangan tersebut dengan pasangan Anda. 

Mulai dari berapa besar pemasukan serta pengeluaran yang harus dilakukan dalam satu bulan, serta bagaimana cara dalam membagi pengeluaran tersebut. Seperti contohnya disini gaji suami yang akan dipakai untuk memenuhi kebutuhan bulanan. Sedangkan untuk keuangan istri akan dipakai untuk membayar segala hal – hal yang bersifat pelengkap atau sekunder.

Pengaturan tersebut sangatlah penting untuk Anda lakukan dalam merencanakan masa depan nantinya. Selain untuk mengatur arus pengeluaran, hal itu juga digunakan untuk menghindari kesalahan ataupun perselisihan ketika membagi tugas dalam membiayai pengeluaran.

  • Menentukan Prioritas

Bagi seorang pasangan, perencanaan keuangan masuk dalam poin penting yang perlu untuk dilakukan. Carilah dan tentukan kebutuhan mana yang perlu untuk di prioritaskan. Ketika Anda telah berkeluarga, kebutuhan nantinya akan berlipat ganda. 

Demikian juga dengan pengeluaran, tentunya akan bertambah jika dibanding ketika Anda masih seorang lajang. Sejatinya disini terdapat beberapa hal yang perlu untuk Anda perhatikan, antara lain tempat tinggal, pendidikan anak serta gaya hidup.

  • Melakukan Investasi dan Menabung

Perencanaan keuangan di sini tidak hanya terbatas untuk masalah bagaimana cara dalam mengalokasikan uang pengeluaran serta pendapatan semata. Namun disini yang tak kalah penting yang perlu Anda lakukan adalah, bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk menginvestasikan uang Anda tersebut. 

Investasi tak hanya sekedar aktivitas untuk menyimpan ataupun menabung uang saja, melainkan Investasi adalah cara bagaimana untuk melakukan alokasi serta penghitungan. Sehingga nantinya akan mempunyai nilai yang jauh lebih menguntungkan di masa yang akan datang. 

Oleh karena itulah perlu untuk Anda menyisihkan setidaknya sebanyak 10% dari total penghasilan yang Anda dapatkan tiap bulan untuk diinvestasikan atau di tabung.

  • Evaluasi Kebutuhan untuk Proteksi Keluarga

Bagi Anda yang telah berkeluarga, menjadikan asuransi sebagai salah satu hal penting yang harus dimasukkan dalam rencana keuangan merupakan sesuatu yang wajib dilakukan. Langkah tersebut bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk proteksi diri Anda dan keluarga di masa yang akan datang. 

Dengan begitu ketika sesuatu hal berjalan tidak seperti yang direncanakan, maka Anda masih memiliki jaminan dan proteksi dari asuransi. 

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan dalam mengatur keuangan bagi keluarga yang perlu untuk Anda lakukan. Dengan melakukan tips-tips yang telah diulas di atas, tentunya keuangan akan lebih terencana. Sehingga dengan begitu Anda tidak perlu merisaukan masalah finansial kedepannya nanti.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *