Tips Mengatasi Kebocoran Pipa Air Bersih Anda

Tips atasi kebocoran pipa air bersih di rumah

Saluran pipa air di rumah itu memiliki dua sisi yang berbeda. Di satu sisi, keberadaanya sangat vital karena mengalirkan air bersih ke dalam rumah. Tanpa pipa, sulit dibayangkan, bagaimana sulitnya mendapatkan suplai air untuk memasak, air minum, mandi, dan lain-lain.

Tapi di sisi lain pipa air juga bisa menjadi sumber masalah yang menyebalkan. Hal ini akan dirasakan ketika terjadi kebocoran pipa air bersih di dalam rumah. Kebocoran bisa terjadi karena banyak hal, misal, korosi selama bertahun-tahun, pipa rusak akibat hantaman benda tajam, atau karena pemasangan yang dulunya kurang sempurna.
Tak perlu panik, berikut adalah tips atasi kebocoran yang terjadi pada pipa air bersih di rumah Anda.

Ketahui Denah Jalur Instalasi Pipa

Ketika terjadi kebocoran pipa air bersih, langkah pertama adalah mengetahui denah jalur instalasi pipa. Tanyakan kepada arsitek yang membuat desain rumah, cetak biru dari tempat tinggal Anda untuk mendeteksi titik-titik sambungan yang rawan bocor atau merembes.

Persiapkan Diri untuk Memperbaiki Kebocoran Pipa

Setelah sekiranya diketahui pusat bocoran pipa air bersih, lengkapi diri dengan alat-alat perbaikan rumah, seperti pipa PVC yang baru, lem PVC, sealtape, gergaji, palu, serta bor.

Setelah Menemukan Sumber Kebocoran

Langkah pertama, matikan dulu saluran pipa agar air berhenti mengalir. Kemudian mulailah membongkar dinding atau lantai tempat kebocoran berada dengan menggunakan peralatan yang memadai, seperti palu dan bor. Anda harus berhati-hati, jangan sampai bongkaran justru memperparah kondisi kebocoran.

Perhatikan Kondisi Pipa

Setelah ditemukan sumber kebocoran, pelajari apakah pipa tersebut perlu diganti, atau cukup ditambal saja. Bila kebocoran terjadi pada sambungan, maka caranya adalah dengan mengganti sambungan pipa yang baru.

Untuk kebocoran kecil yang hanya memerlukan tambalan, cukup gunakan pipa dengan ukuran yang sedikit lebih besar dibandingkan pipa yang bocor. Ambil sedikit potongan, kira-kira sepanjang bocoran, kemudian dibagi dua sampai membentuk huruf U. Gunakan potongan tersebut untuk direkatkan pada bagian atas pipa yang bocor dengan menggunakan lem PVC.

Tapi bila kebocoran terjadi cukup parah, hampir di sepanjang pipa, cara satu-satunya adalah dengan memotong bagian tersebut dan mengganti dengan pipa baru. Tak perlu khawatir karena sekarang ada banyak jenis fitting yang bisa menyambungkan antar-pipa PVC. Gunakan yang sesuai dengan kebutuhan.

Selesai, Pastikan Pipa Tak Lagi Bocor

Biarkan lem mengering terlebih dahulu sebelum kembali menghidupkan saluran air. Setelah itu, pastikan semua pekerjaan beres, tanpa ada gangguan kebocoran lagi sebelum kembali menutup dinding atau tanah yang dilubangi agar rumah kembali rapi.
Selain membekali diri dengan tips mengatasi kebocoran pipa, minimalisir hal ini dengan memilih pipa air berkualitas seperti yang ditawarkan oleh RUCIKA. Brand yang satu ini sudah dikenal sebagai penghasil pipa air yang lebih tahan lama.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*