Tips Merawat Mobil yang Tepat agar Tidak Mudah Rusak

Semahal   apa pun mobil yang Anda beli tetap saja membutuhkan perawatan agar tidak mudah mengalami kerusakan. Jika hanya melakukan pemakaian tanpa perawatan Anda akan mengeluarkan banyak uang untuk penggantian komponennya. Berikut ini tips merawat mobil yang tepat agar tidak mudah rusak.

  1. Bahan Bakar Terbaik

Salah satu langkah awal dalam melakukan perawatan mobil adalah memilih bahan bakar yang tepat. Pilihlah bahan bakar yang terbaik akan membuat kondisi mesin mobil tetap terjaga. Anda bisa memilih bahan bakar Pertalite dan Pertamax yang aman untuk digunakan.

  1. Ganti Oli Mobil

Tips berikutnya dengan melakukan penggantian oli dengan rutin sesuai dengan jadwalnya. Jangan sampai lupa untuk ganti oli karena jika sampai terlupa akan membuat kerusakan pada bagian mesin mobil. Anda tentu sudah tahu oli mesin berfungsi untuk melumasi mesin agar tidak menyebabkan gesekan yang terjadi.

  1. Membersihkan Mesin

Tips merawat mobil yang dapat dilakukan dengan membersihkan mesin mobil secara rutin. Jangan membiarkan kotoran atau debu menempel pada bagian mesin yang dapat menyebabkan kerusakan. Kotoran yang masuk ke dalam mesin akan menurunkan kualitas mobil.

  1. Isi Air Radiator

Tips selanjutnya untuk melakukan perawatan mobil adalah mengisi air radiator menggunakan cairan radiator. Fungsi dari cairan ini sebagai pendingin untuk suhu mesin. Terlebih pada mesin mobil yang baru penting untuk mengecek air radiator dengan rutin. Jangan sampai mobil Anda kekurangan air radiator karena dapat menyebabkan kerusakan yang fatal.

  1. Cek Air Aki dan Minyak Rem

Bagian mobil yang juga perlu dirawat adalah aki mobil. Anda harus melakukan mengecekkan secara rutin untuk memastikan air aki tetap terisi. Selain itu lakukan juga pemeriksaan pada minyak rem yang sangat penting agar perjalanan menggunakan mobil tetap aman dan nyaman. Keselamatan Anda juga dipengaruhi minyak rem yang tetap terjaga.

  1. Periksa Kopling

Perawatan juga perlu dilakukan dengan memeriksa kopling mobil. Ini khusus untuk yang menggunakan transmisi manual. Jangan membiarkan kampas kopling mobil sampai aus karena akan membuat proses perpindahan gigi menjadi semakin berat.

  1. Panaskan Mobil

Setiap akan melakukan perjalanan sebaiknya untuk memanaskan mobil terlebih dahulu. Ini menjadi bagian yang penting untuk menjaga ketahanan mesin mobil. Mesin akan lebih awet dan tidak mudah rusak. Panaskan mobil cukup dilakukan selama 15 sampai 30 menit sebelum keberangkatan atau digunakan.

  1. Periksa Kabel dan Lampu

Kabel dan lampu merupakan bagian mobil yang perlu dijaga dan diperiksa. Sebab putusnya kabel pada bagian lampu akan menghambat perjalanan yang akan dilakukan terutama pada malam hari. Lampu yang tidak diperiksa dengan rutin pun akan berdampak buruk pada bagian mesin mobil.

  1. Cuci Mobil dengan Benar

Kebersihan mobil juga merupakan tips untuk merawatnya dengan baik. Pastikan bagian bodi dan juga bagian interior mobil Anda tetap dalam keadaan bersih. Jangan biarkan debu menempel yang akan mengganggu kenyamanan selama di dalam mobil.

Saat membersihkan mobil gunakanlah sabun dan spons yang aman agar tidak merusak bagian bodinya. Warna cat mobil akan tetap terjaga jika Anda mencucinya dengan benar. Jangan gunakan sikat atau spons yang kasar karena akan berisiko pada cat mobil.

Anda bisa menerapkan tips merawat mobil ini dengan mudah dan dilakukan secara rutin. Selain itu lakukan servis secara rutin agar kondisi mobil tetap terjaga. Lakukan servis di bengkel resmi yang berkualitas. Anda bisa juga mencari tahu tentang informasi mobil lainnya di mobil88.astra.co.id.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*